Senin, 01 Juni 2015

Air terjun Bantimurung: Mari "Ngadem"

Panasnya Makassar membuat kami senang sekali jika bertemu air. Apalagi ini air yang melimpah ruah dan bening. Air yang turun dari bukit-bukit karts, Byurrr. Sekali cebur, lupa diri, lupa waktu.

Air Terjun Bantimurung: sejuk +fotojelajahsuwanto

Air terjun Bantimurung terletak di kompleks Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 1 jam berkendara dari Makassar.
Air Terjun Bantimurung: bermain air  +fotojelajahsuwanto
Di kiri kanan area parkiran terdapat banyak warung-warung kecil yang menjual aneka souvenir, pigura berisi kupu-kupu yang telah diawetkan, aneka topi, kacamata, makanan kecil, jagung rebus, baju kaos, dan lain sebagainya.
Air Terjun Bantimurung: menawar topi :)  +fotojelajahsuwanto 
Tiket masuk air terjun Bantimurung dibedakan bagi pengunjung lokal dan mancanegara. Pengunjung domestik pada Juli tahun 2014 dikenakan harga Rp.20.000,- per orang. Anak-anak dibawah 3 tahun masih bebas masuk dibawah bimbingan orang tua :)
Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara, dikenakan biaya Rp.50.000,- per orang.
Sepertinya, di awal tahun 2015, tiket masuk ke tempat wisata air terjun bantimurung ini mengalami kenaikan yang dashyat khususnya untuk wisman yaitu menjadi Rp.250.000,- per orang, domestik menjadi Rp.25.000,-  (sumber radar makassar: http://radarmakassar.com/warga-miskin-dilarang-ke-bantimurung/3780/)

Air Terjun Bantimurung: Ikon bantimurung, Kupu-kupu   +fotojelajahsuwanto 
Selesai dengan urusan tiket yang telah dicek oleh penjaga, di pintu masuk, kami disambut oleh beberapa orang yang menawarkan jasa menjadi guide. Jika kita tidak cukup tegas menolak, ada saja yang mengikuti dari belakang, membuat rasa "risi". Untuk itu, tolaklah dengan sopan, dan jangan lupa tersenyum, supaya everybody happy.
Air Terjun Bantimurung: menuju air terjun  +fotojelajahsuwanto

Air terjun Bantimurung ini diapit dinding karts yang ditumbuhi aneka tanaman rindang. Selain tentu saja bermain air, di area yang sejuk ini, kita juga bisa sekedar berkumpul bersama keluarga atau kolega untuk beberapa aktivitas seperti arisan. Terdapat gazebo-gazebo yang dapat disewa, pada Juli tahun 2014, harga sewa Gazebo Rp.200.000,-.
Fasilitas lainnya yang dapat disewa adalah ban Rp. 15.000,- dan tikar Rp. 30.000,-. Banyak juga ibu-ibu yang menjajakan nasi kuning dan kacang rebus, maka tidak jadi soal jika lupa membawa bekal. 

Air Terjun Bantimurung: arisan   +fotojelajahsuwanto
Air Terjun Bantimurung: bermain  air   +fotojelajahsuwanto
Bila butuh "ngadem", Air Terjun Bantimurung bisa menjadi pilihan. Selamat bermain air !

Air Terjun Bantimurung: main air +fotojelajahsuwanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar