Senin, 10 Agustus 2015

Traveling Aman Bersama Anak, Siap Sedia Obat Andalan Keluarga!

Tas obat mungil keluarga suwanto
Bepergian dengan anak-anak, apalagi salah satunya balita, tentu memerlukan kesiap-sediaan dalam banyak hal. Obat-obatan termasuk dalam daftar “siap sedia” saya.
Tas obat mungil ini selalu diikutsertakan hampir kemanapun kami pergi. Sedikit rempong tak apalah, untuk berjaga-jaga.

just sharing: obat-obat andalan keluarga suwanto

Mohon maaf apabila tidak berkenan dalam penyebutan merk. Isi obat tas saya ini murni hanya sebagai sharing obat apa saja yang dibawa keluarga kami dalam perjalanan. Tidak dimaksudkan untuk kepentingan apapun. 

Berikut, obat-obatan dan alat kesehatan yang hampir selalu menemani Jelajah Keluarga Suwanto:

1. Minyak Telon 
Minyak telon ini menjadi andalan saya. Selain karena aromanya yang menenangkan, juga tidak terlalu panas jika dibalurkan pada balita. Minyak telon adalah campuran minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa. Campuran ini memberikan rasa hangat karena merangsang pembuluh darah membesar sehingga aliran darah menjadi lebih cepat. Secara umum kegunaan minyak telon adalah untuk meringankan perut kembung, mencegah dan mengobati masuk angin, mengatasi rasa gatal dan mencegah keinginan untuk menggaruk, Melegakan pernafasan karena hidung tersumbat, batuk, flu dan pilek, juga dapat Meringankan sakit kepala. 
Minyak telon yang saya pilih adalah: Balsem Telon Tresno Joyo, Minyak telon spray dan Minyak telon plus roll on cap Gading. Minyak telon plus cap gading telah ditambah dengan Lavender Oil dan Jojoba Oil, untuk mencegah gigitan nyamuk dan melembabkan kulit yang kering. 
 
2. Obat Turun Panas untuk Anak
Saya memakai Proris Ibuprofen yang merupakan obat penurun demam, pereda nyeri dan sekaligus sebagai anti inflamasi (obat yang dapat menghilangkan radang) untuk anak.

3. Termometer digital untuk mengukur suhu tubuh

4. Heparin Sodium
Heparin sodium ini sering saya gunakan ketika anak-anak terjatuh dan memar. Heparin dapat mencegah pembekuan darah dan membantu proses fibrinolisa. Mikrotrombi (butir-butir bekuan darah) yang terdapat di sekitar kulit dapat diserap lebih cepat. Heparin juga berkhasiat sebagai anti-radang, sehingga dapat menyembuhkan bengkak dan menghilangkan rasa nyeri. Obat ini menurunkan ketegangan otot-otot pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah. Heparin sodium cepat diserap kulit dan langsung bekerja pada jaringan yang sakit.  


Saya mengunakan Thrombophob gel* (warna merah) dan Thrombophob ointment (warna hijau). Thrombophob ointment saya beli di Yogya. Saat itu saya ingin membeli Thrombophob gel, kebetulan stock habis, petugas memberi tahu untuk menggunakan yang hijau karena lebih bagus. Tapi ia tidak dapat memberikan detail bagusnya bagaimana. Setelah saya search berikut komposisi Thrombophob ointment: “Komposisi: Setiap 100 gram mengandung 5000 IU Sodium Heparin, 0.25 gram Asam Nikotinat Bezylester. Indikasi: Trombosis permukaan, tromboflebitis, kaku kedinginan, koreng kaki, radang selaput dada (pleuritis), kejang betis, tendovaginitis, bisul, menghilangkan haematomata, mencegah dan mengobati radang pembuluh balik setelah penyuntikan intravena dan infiltrat setelah injeksi paravenous, pencegahan ulkus dekubital, perawatan setelah amputasi. Penggunaan: 2-3 kali sehari dioleskan tipis pada kulit”. 

*Sudah dua kali mencari Thrombophob gel di apotik langganan di makassar ini, produk masih juga kosong. Petugas menawarkan Oparin gel, mengandung dosis heparin sodium yang sama dengan Thrombophob gel.

5. Betadine, Kain Kasa dan plesternya
Kadang kala terlalu bersemangat menjejalah, bisa tersandung batu, jatuh dan tergores menimbulkan luka berdarah. Biarpun lukanya kecil, tapi pertolongan pertama tetap dilakukan. Luka dapat dibersihkan terlebih dahulu dengan tisu basah, diberi betadine obat merah dan ditutup dengan kain kasa.

6. Fatigon Putih
Ini obat andalannya ayah apabila merasa kurang fit. Fatigon ini adalah multivitamin untuk menghilangkan rasa capek, pegal, kram dan kesemutan. Fatigon mengandung Vitamin Neurotropik (B1,B6, B12) dan Kalium-Magnesium Asparthat.

7. Neozep Forte
Jika flu sudah melanda, bersin-bersin dan hidung tersumbat, obat yang kami gunakan pasti neozep dan tidur nyenyak. 


8. Antangin
Kalau badan sudah mulai mengirim sinyal kurang enak seperti meriang, perut kembung, dan pusing, andalan kami adalah Antangin dan pergi tidur.

9. Koyo, pereda pegal dan nyeri otot 

Ini andalannya mas kalo berasa pegal-pegal, pasti minta ditempelin koyo. Mas sukanya pakai koyo hansaplast.

10. Obat Tetes Mata
Terlalu lama mengemudi, bermain air, atau bisa juga terkena debu, mata menjadi merah, gatal, iritasi atau terasa kering. Obat tetes mata dapat membantu menyegarkan dan menyejukan mata. Biasanya kami menggunakan visine.


11. Obat Alergi
Salah satu dari kami alergi kulit karena perubahan cuaca, maka alloris atas petunjuk dokter, selalu siap sedia dibawa kemanapun.


Itulah sharing obat-obatan yang cocok untuk keluarga kami.  Agar perjalanan aman, nyaman dan menyenangkan selalu bawalah obat-obatan andalan keluarga anda dalam setiap perjalanan. Keep healty dan Mari menjelajah!

3 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. thanks sharingnya.. jadi thrombopop sama oparin kandungannya sama ya. bisa untuk anak2 ya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih telah berkunjung ke jelajah suwanto. Senang apabila sharingnya bermanfaat.

    BalasHapus