Tanjung Bira: Serba-Serbi Wisata, Waktu Terbaik, Transportasi dan Akomodasi

Tanjung Bira Medio Agustus || JelajahSuwanto
Pantai Tanjung Bira kala surut pada medio Agustus || JelajahSuwanto

Tanjung Bira. Saya rasa nama itu semakin berkumandang di kalangan pencinta pantai, baik itu domestik maupun mancanegara. Keluarga Suwanto sudah empat kali menjelajahi pantai berpasir putih ini. Dan kami jatuh cinta. Selalu ingin kembali untuk sekedar melepas lelah dan tentu saja merayakan hidup.

Maka, inilah serba-serbi Jelajah Tanjung Bira ala keluarga Suwanto:

Tanjung Bira, Selayang Pandang

Tanjung Bira merupakan daratan di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan yang menjorok ke Laut Flores. Tanjung Bira memiliki pesisir pantai berpasir putih yang indah, laut yang tenang dan bawah laut yang cantik. Pesonanya tentu sudah terkenal luas, bahkan mungkin lebih dulu dikenal oleh para petualang Mancanegara. Terlihat dari banyaknya wisatawan asing di kawasan wisata ini. Penginapan dan tanah di kawasan Bira–Bara pun banyak dimiliki oleh warga negara asing.


Tanjung bira terletak sekitar 40 KM dari Kabupaten bulukumba. Secara administratif berada di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Saya melihat, telah tejadi perkembangan yang cukup pesat di Tanjung Bira, sejak kedatangan pertama Keluarga Suwanto pada Agustus 2013. Kawasan wisata ini semakin ramai pengunjung. Penginapan baik milik WNA maupun pribumi semakin banyak dan bersaing. Infrastruktur jalan sudah beraspal sampai hampir ke Pantai Bara. 
Sinyal Indosat dan Smartfren (kami pakainya ini) sudah kencang, tahun 2013 termasuk dasusi (daerah susah sinyal). Wifi kini mudah ditemukan. Kehidupan ekonomi penduduk sekitar sepertinya semakin membaik, terlihat dari maraknya rental sepeda motor dan mobil pribadi yang parkir di rumah warga.

Bagaimana Menuju Tanjung Bira?

Bagi kami, tentu lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di Tanjung Bira. Jarak tempuh dari Makassar ± 200 KM atau sekitar 5 jam perjalanan. Poros (Jalan Utama) Makassar – Tanjung Bira beraspal mulus dan lebar.

Dari Makassar kita akan mengambil rute melewati poros Kabupaten Gowa – Takalar – Jeneponto – Bantaeng – Bulukumba. Selama perjalanan mata dimanjakan dengan panorama khas Sulawesi Selatan yang mencengangkan, perbukitan di satu sisi dan pesisir pantai di sisi lainnya.

Perjalanan menuju Tanjung Bira merupakan bonus tersendiri sebelum mencecap indahnya laut.

Bagi yang tidak mau repot-repot jalan sendiri, search saja di internet paket wisata Tanjung Bira. Banyak Tour & Travel yang menawarkan jasa wisata all in. Tinggal pilah pilih mana yang sesuai di hati, cocokkan waktu dan budget, jalan deh.

Bagi para petualang, ada banyak cara menuju Tanjung Bira

Dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, jika berangkat rombongan mungkin lebih enak dan murah menggunakan jasa rental mobil agar leluasa bertualang. 

Atau bisa juga dengan kendaraan umum, dengan rute sebagai berikut:
+ Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Terminal Mallengkeri
Bisa menggunakan Bis Damri turun di Lapangan Karebosi, lalu naik pete-pete (angkot) merah arah Gowa turun di Terminal Mallengkeri. Total ongkos sekitar 30ribuan.
Bisa juga menggunakan taksi (±150ribuan), Ojek (±80ribuan).

+ Dari Terminal Mallengkeri – Bulukumba (Tanjung Bira)
Alternatif pertama bisa dengan moda Bis AC tujuan Selayar (±75ribuan) turun di Pelabuhan Selayar, lanjut naik pete-pete atau ojek menuju Tanjung Bira.

Pilihan lainnya menggunakan angkutan umum plat kuning semacam sharing car berupa mobil Avanza, Inova, Panther, dan lain sejenisnya. Sebelum naik tanyakan dulu kepada sopirnya apakah langsung ke Tanjung Bira atau hanya sampai Bulukumba. 
Jika sampai di Tanjung Bira harga sekitar 50-65ribuan. Kalau sampai di Bulukumba saja berkisar antara 45-55ribuan. Nah dari Bulukumba masih harus naik pete-pete antara 10-15ribuan.
 
Tanjung Bira Waktu Terbaik Berkunjung
Penampakan Tanjung Bira dari atas ke bawah pada Agustus 2013, September 2014, Mei dan September 2015


Waktu Terbaik Mengunjungi Tanjung Bira

4 kali Keluarga Suwanto menjelajah Tanjung Bira, 4 kali pula menikmati sensasi yang berbeda.

Pertama, Medio Agustus
Tanjung Bira sangat memukau, pasir putih selembut bedak menghampar di sepanjang pantainya. Air laut menyuguhkan warna yang indah, gradasi tiga warna antara tosca ke biru tua, yang belum pernah kami lihat di Jawa. Angin sepoi dan Ombak yang tenang. 
Inilah jatuh cinta pada pandangan pertama. Sepertinya ini adalah best time penampakan Tanjung Bira.

Jelajah kedua, Akhir September
Kami datang pada akhir September bersamaan dengan perpisahan seorang kawan di Pantai Kaluku.Tanjung Bira memberi kejutan.
Pasir lembutnya terbawa angin dan ombak lautan hingga mengumpul di Pantai Bara. Dasar pantai yang ternyata berupa karang-karang menyembul ke permukaan. Untuk mencapainya para pemilik warung di bibir pantai sengaja membuat undak-undakan serupa tangga sebagai tempat pijakan.
Air lautnya tetap sama tosca menuju biru tua. Ombak cukup bersahabat untuk bermain air atau menyeberang ke Pulau Liukang Loe. Tetapi kala itu boat kami tidak dapat merapat di Pantai Bara karena arus laut.

Jelajah ketiga, Medio Mei
Tujuan kami sebenarnya  berkemah di Pulau Liukang Loe pada pertengahan Mei. Pasir Putih Bira sudah kembali. Air laut selalu sama, tiga warna yang cantik. Namun Ombak cukup besar. Penyeberangan kami ke Pulau Liukang Loe bersimbah air laut, basah karena debur ombak. 

Dan pada medio Mei ini, sepertinya anak-anak sekolah sudah libur kelulusan, Bira ramaaai sekali. Bis-bis dan kendaraan bermotor berjubel di sepanjang jalan, sama sekali tidak nyaman. Bahkan di penginapan kami ada satu rombongan yang membawa sound system, berkaraoke kencang-kencang. Sangat menganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Untunglah pihak penginapan tegas membatasi sampai Pk.22.00 WITA saja, jika tidak kami pasti segera kabur.

Jelajah keempat, Akhir September
Pasir Bira sebagian besar sudah berada di Bara, hampir sama dengan September tahun sebelumnya. Hanya saja kali ini masih tersisa di daerah pertengahan, sebelum restoran perahu Anda Beach. Ombak pun jauh lebih tenang.

Dari cerita penduduk, saya mendapat gambaran jika waktu terbaik mengunjungi Tanjung Bira antara Agustus - November atau saat sedang musim kemarau. Sementara bulan Juni-Juli angin sedang kencang. Februari–Maret angin barat membawa banyak sampah sampai ke pantai. Kadang kala angin kencang memaksa penduduk untuk meninggalkan sementara warung-warung di pinggir pantai. Maka, jangan dulu menghakimi Pantai Bira sebagai pantai yang kotor, mungkin saja salah musim kala mengunjunginya.

Hindari pula hari libur umum, kalau ramai, Bira menjadi kurang nyaman. Lokasi ini sudah menjadi favorit wisata sekitar sulawesi selatan pasalnya.

Penginapan di Tanjung Bira

Penginapan di Pantai Bira dan Bara

Sudah tersedia banyak penginapan di Tanjung Bira mulai dari yang bernama penginapan, guest’s house, wisma, hotel, resort, semua lengkap pokoknya. Harga bervariasi mulai dari 100ribu – jutaan.

Keluarga Suwanto pertama kali datang ke Tanjung Bira menginap di Riswan’s Guest House. Pemiliknya sangat ramah, dan kami merasa dianggap keluarga. Setiap kali berkunjung kami pasti menyempatkan menginap di sana barang semalam. Riswan’s Guest House bisa dihubungi di nomor  085256032444 / 081346434425. 


Selain itu di Bira kami juga menginap di Amatoa Resort. Informasi bisa diakses di www.amatoaresort.com, email: info@amatoaresort.com, telp: 0812 4296 5500

Di Pantai Bara, Keluarga Suwanto menginap di Bara Beach Bungalow, informasi bisa diakses di www.bara-beach.com atau email ke info@bara-beach.com Telp: 0813 5562 3372 atau 0821 9413 1562

Sementara untuk penginapan di Pulau Liukang Loe, Keluarga Suwanto bermalam di Ocean Holiday Guest House & Restaurant milik Pak Jafar. Nomor kontak 0811 421  418 atau 0812 4219 9418 Atau bisa juga menghubungi Riswan’s Guest House untuk memesan penginapan dan penyeberangan di Pulau Liukang loe.

Review mengenai penginapan yang pernah keluarga Suwanto gunakan dapat dibaca di post terpisah.



Aktivitas di Tanjung Bira
Aktivitas yang dapat dilakukan di tanjung bira, salah satunya bermain banana boat

Fasilitas di Tanjung Bira

Tanjung Bira sudah banyak berbenah. Semakin banyaknya pengunjung, menuntut semakin banyak perbaikan pelayanan wisata. Di sepanjang garis pantai tersedia warung-warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman, baju-baju, kacamata, topi serta cinderamata lainnya. Bir juga dijual di sini.

Toilet umum untuk membersihkan diri telah tersedia. Pengunjung juga dapat menyewa bola, ban, alat snorkeling, dan banana boat. Sudah tersedia rental motor untuk menyusur pantai-pantai sekitar Tanjung Bira. Di Sepanjang jalan masuk Tanjung Bira banyak penjual Cindera mata dari kerang made in penduduk Liukang Loe, baju–baju, kain pantai, makanan khas Selayar, jeruk, emping dan marning.

Apa yang Bisa dilakukan di Tanjung Bira

Selain berjalan kaki menyusur pantai, berenang di air laut yang jernih dan tenang, pengunjung juga bisa bermain banana boat, menyeberang ke Pulau Liukang Loe untuk makan siang dan melihat penangkaran Penyu. Berkemah di Pantai Bara. Serta tentu saja snorkeling dan diving di beberapa spot menarik, salah satunya palung laut Pulau Kambing. 

Tempat makan di Tanjung Bira
Tempat makan favorit Keluarga Suwanto di Tanjung Bira, Kiri ke Kanan: Salassa Restaurant, Malboro Restaurant, Bara Beach Restaurant

Tempat Makan di Pantai Bira dan Bara

Untuk urusan makan, sebenarnya bisa saja pengunjung minta dimasakkan ikan atau seafood pada pemilik warung di sepanjang pesisir pantai. 

Keluarga Suwanto memiliki tempat makan favorit di Tanjung Bira, yaitu:

+ Salassa Guest's House Restaurant
Restoran ini lumayan ramai. Ada Blackboard hitam bertuliskan: “We make our food with love, and love needs time. Please be patient. You’re worth it”. 

So, berbekal pengalaman sebelumnya kami membiasakan diri menelpon dulu untuk memesan menu dan janjian jam kunjung. Supaya kami datang, makanan sudah ready siap santap. Bumbu bali di resto ini recommended, bisa untuk ikan, ayam atau tempe. 
Harga makanan di sini cukup lumayan, harga mulai 25ribu ke atas, tapi porsinya jumbo. Minuman sekitar 10ribuan ke atas.  Salassa resto bisa dihubungi di nomor 0812 4265 672

+  Malboro Beach Restaurant
Berawal dari kesenangan kami apruk-aprukan (bahasa sunda menjelajah) menyusur sepanjang pantai Bira ke arah pantai Bara, saya berdua suami menemukan sebuah tempat di tepi tebing yang cukup menarik perhatian. 
Setelah dengan sedikit usaha memanjat tebing, tidak hanya menemukan pemandangan laut yang indah, kami juga melihat sebuah penginapan dan warung makan bernama Malboro Beach Restaurant.

Setelah kulo nuwun pada pemiliknya, pak Andi yang ramah, kami berjanji datang kembali untuk makan siang di sana. Dan kemudian ketagihan karena rasanya yang pas dengan lidah Keluarga Suwanto. Ikan bakar, Ikan goreng, Sayur Bening, Cumi goreng tepung, Ayam Nasu Paleko, sambel dan kerupuk, nasi sepuasnya plus Air mineral untuk 4 orang hanya 150ribu. Makanannya bener-bener fresh dan lezat.

Pak Andi bisa dihubungi di 0852 4044 0334

+ Bara Beach Restaurant 
Pointnya ada pada tempatnya yang nyaman. Kami suka makan di teras Bara Resto sambil memandang laut. Menu yang ditawarkan cukup bervariasi, western dan asia. Ada nasi capcay, nasi goreng, seafood, salad dan pasta. Rasanya lumayan. Harga mulai 35ribu ke atas. Sementara untuk minuman, air mineral, teh, kopi, jus dan bir. Kisaran harga mulai 15ribu ke atas. Bara biasanya dipenuhi bule-bule.

Harga-harga di Tanjung Bira

Harga-harga tentu tidak bisa dijadikan patokan, karena seiring waktu akan menyesuaikan. Pada saat tulisan ini dibuat,  Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Tanjung Bira Dewasa @10rb, anak-anak@3rb, mancanegara @20ribu. Untuk aktivitas kegiatan, harga dipatok oleh pemilik jasa, diantaranya: Bermain Banana Boat sekitar 100rb (tawar menawar), Sewa Ban 5ribu, Sewa Alat snorkeling 25ribu. Menyeberang ke Pulau Liukang Loe sekitar 300rb (tawar menawar). Parkir di Bara, mobil 5ribu dan Tarif Sewa motor antara 65-80ribu.

Objek Wisata sekitar Tanjung Bira
Objek Wisata Bulukumba selain Tanjung Bira yang telah dijelajahi Keluarga Suwanto, searah jarum jam: Apparalang, Liukang Loe, Bara, Tana Beru, Kaluku, dan Lemo-lemo

Alternatif Objek Wisata Lainnya di Bulukumba

Selain menikmati pantai Tanjung Bira, Bulukumba memiliki pesona wisata indah lainnya.
Keluarga Suwanto, baru menjelajahi beberapa diantaranya, yaitu:

Pantai Bara;  Pulau Liukang Loe; Pantai Pasir Lohe; Pantai Kaluku; Panrang Luhu Tempat Pembuatan Perahu Pinisi; Pantai Lemo-Lemo;  Tebing Apparalang; Pantai Mandala Ria; Pantai Marumasa

Perlengkapan Pribadi yang Wajib Dibawa

Mas dan Adek kalo sudah ketemu pantai bisa lupa waktu. Pertama kali datang ke Tanjung Bira, kami benar-benar lupa memakai sunblock, alhasil sunburn. Kulit menjadi sangat hitam dan panas mengelupas. Berkaca dari pengalaman tersebut, barang wajib yang harus di bawa selama jelajah Tanjung Bira, adalah sunblock, topi, dan kaca mata hitam. 
Pelengkapnya hammock, alas duduk untuk di pantai, mainan adek istana pasir, bola, air putih yang cukup, buah dan snack

Demikian garis besar serba-serbi Tanjung Bira.  Cerita perjalanan Jelajah Suwanto seputar Tanjung Bira dibuat di post terpisah.


Selamat menjelajah!
Share:

8 komentar:

  1. Hai hai keluarga Suwanto....makasih udah nulis blogpost yg informatif. Manfaat bgt buat kami yg sdng berencana ke tanjung bira :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Keluargabackpacker... terima kasih sudah berkunjung ke blog keluarga Suwanto yak.
      Senang bisa berbagi. Have fun ya di Tanjung Bira.

      Hapus
  2. post nya sangat bermanfaat..kalau boleh tahu, apakah ada nomor yg bisa dihubungi untuk sewa motor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. mungkin bisa menghubungi Ibu riswan pemilik Riswan guest's house, beliau asli daerah situ, punya banyak akses informasi. ini no hp-nya: 0852 5603 2444

      Hapus
    2. Wah pertanyaan yang sama dengan saya, apakah ada info tempat/kontak untuk penyewaan motor di Tanjung Bira yang terupdate? nomor tersebut apakah masih eksis ya?? Terima Kasih..

      Hapus
    3. Maaf baru membalas, Kak. Untuk info terbaru saya kurang pasti, karena kami sudah pindah dari Sulsel. Tetapi nomor kontak bu Riswan masih sama di nomor tersebut. Terima kasih telah berkunjung ke blog jelajahsuwanto.

      Hapus
  3. Sangat menarik.. bisa minta info terkait tempat/kontak untuk menyewa motor di Tanjung bira? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, saya juga akan berkunjung ke Tanjung Bira, apakah kakak udah ketemu tempat sewa motor di sana? Terima kasih.

      Hapus

KELUARGA SUWANTO

KELUARGA SUWANTO
Keluarga Suwanto di Ranger Station Raja Ampat

Recent Posts

Popular Posts

Label