Deterjen Cair Penting Dibawa Saat Traveling

Deterjen cair untuk membuat gelembung tiup


Deterjen cair merupakan salah satu perlengkapan penting Keluarga Suwanto saat jelajah. Sebab deterjen cair tak hanya berguna untuk urusan cuci mencuci pakaian, tapi juga bermanfaat sebagai mood booster buat si Kecik, Kakaknya, Bundanya juga Ayahnya. Kami suka bermain gelembung. Apalagi ketika angin pantai menerbangkan gerombolan gelembung serupa pelangi. Seru. 

Keunggulan Membawa Deterjen Cair Saat Traveling

Keluarga Suwanto lebih suka menjelajah ke tempat-tempat indah yang jarang dikunjungi, semacam hidden paradise. Berkemah di pulau Liukang Loe misalnya, menyeberang ke pulau Kodingareng Keke atau bermalam di Pantai Tumbak Minahasa Tenggara. Menghabiskan beberapa hari bersama keluarga di pulau terpencil memerlukan keahlian sendiri dalam urusan persediaan logistik termasuk juga pakaian. Tidak membawa kebanyakan, tapi harus pas diperhitungkan dengan cermat agar tidak mengganggu kelancaran jelajah.

bermain gelembung tiup di pulau liukang loe

 
Deterjen cair tidak boleh dilewatkan khususnya bagi saya yang ingin tetap memastikan kami berpakaian bersih dan nyaman ketika traveling. Sewaktu-waktu saya bisa mencuci dengan mudah di tempat jelajah yang biasanya minim air bersih. Deterjen cair yang memiliki teknologi SmartFoam menjadi pilihan karena dapat menghilangkan busa lebih cepat dan tentu saja menghemat pemakaian air.
 
Keunggulan lain dari deterjen cair yaitu gampang larut serta tidak meninggalkan residu seperti yang kadang ditimbulkan oleh deterjen butiran. Noda membandel dari bekas lumpur, getah pohon atau bekas makanan pada pakaian bisa diakali dengan mengoleskan deterjen cair terlebih dahulu sebelum direndam air. Dan menyenangkan pula karena deterjen cair ada yang all in one dengan pewangi. Pakaian langsung harum, lembut, bebas bakteri.

deterjen cair sachet praktis untuk traveling

Cara Mengemas Deterjen Cair saat Traveling

Saya lebih suka membawa deterjen cair sachetan karena lebih praktis. Pun karena di warung-warung dekat rumah banyak yang jual, mudah sekali mendapatkannya.
Kalaupun tidak ada ya saya mengemas deterjen cair refil di botol plastik traveling yang tutupnya kuat. Supaya tidak bocor kemana-mana, botol masih akan dilindungi dengan plastik ziploc. Yakin deh jelajah aman terkendali.
 

Buat Sendiri Gelembung Tiup dari Deterjen Cair

Dikatakan di atas, satu lagi manfaat dari deterjen cair yaitu bikin kami having fun. Bermain gelembung tiup bisa jadi aktivitas keluarga yang menyenangkan. Bunda meniupkan gelembung, anak-anak gembira mengejar gelembung yang dilarikan angin, Ayah asyik mengabadikan keriaan kami.
 
Larutan gelembung tiup ini sebenarnya biasa dijual di toko mainan. Namun biar hemat kita bisa membuatnya sendiri. Gampang dan aman. Bahan utama  untuk membuat larutan gelembung tiup adalah deterjen cair dan air. Lalu ada satu bahan tambahan agar gelembung yang dihasilkan lebih bagus yakni gula atau garam. Bahan tambahan ini berfungsi sebagai pengental agar gelembung tidak mudah meletus.

cara membuat gelembung tiup dari deterjen cair


Sementara itu alat yang dibutuhkan pun sederhana, untuk wadahnya bisa bekas gelas air mineral, toples, dll. Disesuaikan saja dengan wadah yang ada. Alat peniupnya memakai bekas peniup zaman baheula yang dibeli dari Abang-abang tukang mainan. Alat ini awet banget sering dibawa kemana-mana. Tapi kalau mau buat sendiri, ada referensinya juga. O, ya ukuran lingkaran peniup menentukan besar kecilnya gelembung deterjen cair.
 
Alat peniup gelembung ala kadarnya dapat dibuat dari sedotan panjang yang sebagian ujungnya dibengkokkan, kemudian diikat dengan karet atau selotip. Jika ada paper clip dan sedotan, bentuk lingkaran tiup akan lebih bagus. Luruskan paper clip lalu jadikan lingkaran seperti dalam foto dan sisakan sedikit untuk ditusukkan pada sedotan sebagai tangkai peniup.
 
Berikut adalah cara membuat larutan gelembung tiup dari deterjen cair ala jelajahsuwanto:
  • Campurkan deterjen cair dan air dengan perbandingan 1:4, sesuaikan dengan ukuran wadah.
  • Tambahkan bahan pengental bisa gula atau garam, pilih salah satu. Ambil sedikit saja, kurang lebih 1 sendok teh. Terlalu banyak pengental dapat menghambat terbentuknya gelembung.
  • Aduk hingga merata.
  • Agar gelembung yang dihasilkan lebih bagus, larutan gelembung bisa didiamkan dahulu beberapa waktu.
  • Saatnya bermain, celupkan alat peniup ke dalam larutan gelembung. Angkat lalu dekatkan ke mulut, tiup dan bersenang-senanglah.
cara membuat gelembung tiup dari deterjen cair


Itulah mengapa deterjen cair sangat bemanfaat bagi jelajahsuwanto. Semoga bisa menjadi inspirasi. Selamat bersenang-senang  bersama keluarga tercinta.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELUARGA SUWANTO

KELUARGA SUWANTO
Keluarga Suwanto di Ranger Station Raja Ampat

Popular Posts

Label

Recent Posts